Rabu, 17 April 2019

Kebutuhan Ketersediaannya Jaringan Internet Cepat di Ruang Publik Bagi Seorang Mahasiswa

internet network

Kehidupan mahasiswa sekarang sudah bergeser ke arah digital dan hampir disemua aspek kehidupan membuat jaringan internet merupakan hal yang bersifat esensial bagi mahasiswa zaman sekarang. Jika ingin pesan makanan kita bisa order online, jika ingin beli pakaian kita juga order online, dan bahkan jika ingin mendapatkan transportasi yang nyaman dan cepat kita juga bisa order secara online. Mungkin sekarang sudah tidak ada mahasiswa yang tidak mengerti apa itu internet dan tidak paham untuk mengaksesnya. Internet seperti sebuah kebutuhan yang harus didapatkan bagi seorang mahasiswa, ibaratnya seperti sebuah Hak Asasi Manusia. Bahkan tidak hanya dalam kehidupan seorang mahasiswa saja, hampir disegala profesi dan bidang tidak dapat terlepas dari yang namanya internet, baik dalam bidang kesehatan, pemerintahan, militer, dan masih banyak lagi.

Salah satu penggunaan jaringan internet yang sering kita temui di dunia perkuliahan adalah mengirim tugas via email. Tanpa adanya internet seorang mahasiswa akan kesulitan untuk mengumpulkan tugas yang sudah dia dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Apalagi jika dosen tersebut tidak menerima pengumpulan dengan kertas atau tidak hadir di kampus, maka dengan adanya internet yang cepat dan berkualitas akan memudahkan mobilitas seorang mahasiswa di zaman sekarang.

Seberapa pentingkah akses internet di ruang publik ?

Akses internet di ruang publik akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam mendukung perkuliahaannya. Akses internet di ruang publik seperti co-working space, taman, coffe shop, dan internet corner di area kampus dapat dimanfaatkan para mahasiswa demi melancarkan segala urusan perkuliahannya bahkan tidak heran jika kita melihat para mahasiswa yang bergerombol mengerjakan tugas dengan membawa laptop masing-masing di tempat-tempat yang tersedia akses internet yang lancar. Apalagi jika kita bisa mendapatkan akses internet gratis seperti kelakuan beberapa teman-teman saya yang pernah saya temui, banyak dari mereka yang tidak memiliki wifi di kos numpang ngerjain tugas di kos teman yang ada wifi-nya bahkan sampai nginap segala.

Maka dengan tersedianya hotspot area di area-area tempat tinggal mahasiswa atau di ruang publik yang letaknya tidak jauh dengan kos-kosan mahasiswa dapat membantu mahasiswa dalam melakukan beberapa kegiatan positif seperti :

1. Mencari Referensi Materi Kuliah
digital library

Merupakan suatu kewajiban bagi mahasiswa untuk belajar dan fokus dalam studinya. Maka mencari referensi materi perkuliahan bisa dilakukan dengan jaringan internet. Cukup dengan menuliskan keyword-nya maka mesin pencari akan melakukan crawl dan menampilkan hasilnya. 

2. Menjadi Seorang Freelance
freelance

Banyak mahasiswa zaman sekarang yang nyambi jadi pekerja lepas atau pekerja remote hanya untuk melatih dan meningkatkan kemampuan dirinya ataupun hanya sekedar untuk menambah uang jajan. Sekarang banyak situs yang mempertemukan para freelance dengan mereka yang membutuhkan seorang jasa freelance maka cukup dengan laptop dan akses internet yang lancar kita bisa menjadi freelance dalam membuat produk yang dibutuhkan client seperti konten animasi, video, ataupun dalam bentuk tulisan.

3. Berbisnis Online
online shop

Berbisnis online banyak dilakukan oleh mahasiswa zaman sekarang, hanya dengan bermodalkan  smartphone dan jaringan internet yang lancar kamu sudah bisa menjadi seorang reseller sebuah produk tanpa pusing memikirkan mau membuat sebuah apa atau menjual apa. Jika punya keahlian atau keterampilan lain pun kita juga bisa untuk menjual produk sendiri.

4. Mengikuti Online Course
online course

Online course bisa kita temukan dengan mudah di era sekarang. Banyak mahasiswa yang tertarik mengikuti online course hanya untuk melatih skill baru atau ingin meningkatkan skill yang ada. Online course bisa dijadikan sebuah kegiatan positif mahasiswa untuk mengisi waktu luangnya.

Apa sih pendapat mereka tentang pentingnya ketersediaan jaringan internet yang berkualitas di ruang publik ?

Faisal Fahmi

Fikri Anwar

Mukhlis Fauzi

Yandi Aulia Rahman

Dari beberapa orang yang sudah saya temui di lingkungan saya tinggal memberikan opini yang beragam, namun memiliki maksud dan tujuan yang sama yaitu pentingnya kualitas jaringan internet yang lancar di ruang publik. Generasi sekarang memang tidak bisa dipisahkan dengan internet sehingga mereka (generasi sekarang) sangat update terkait berita-berita yang sedang trending saat ini, selain itu generasi sekarang sangat up to date dalam bermedia sosial seperti meng-update kesehariannya atau kegiatan mereka sehari-hari dalam media sosialnya.

Di kota besar seperti Malang ini mahasiswa datang dari berbagai pelosok nusantara dengan latar belakang yang berbeda-beda, mayoritas perguruan tinggi yang terpopuler di kota ini terletak di pusat kota. Seperti halnya seperti di kota Malang, Perguruan tinggi di kota lain mayoritas terletak di pusat-pusat kota ataupun di kabupaten yang sudah memadai secara infrastruktur. Mungkin tidak menjadi sebuah halangan dalam membangun sebuah hotspot area yang memiliki koneksi yang cepat, berbeda ceritanya jika terletak di pelosok desa yang mungkin secara infrastruktur masih belum memadai. Maka tidaklah sulit jika membangun sebuah hotspot area di area publik yang berdekatan dengan kampus ataupun tempat tinggal mahasiswa. Sekalipun ada kos yang memiliki akses wifi, tapi tidak semua kos memiliki akses internet yang cepat dan menjawab kebutuhan para mahasiswa, bahkan generasi sekarang cenderung cepat bosan jika bekerja pada meja yang sama dan lebih suka berpindah-pindah tempat. Maka dengan kehadiran jaringan internet yang mudah dan cepat di ruang publik diharapakan mampu untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan kegiatan positif yang dapat mengembangkan minatnya dan bertemu dengan mereka yang memiliki ketertarikan yang sama seperti mempertemukan mereka dalam sebuah komunitas.

=====================================================

Lomba Menulis Netmonk

Artikel ini diikutkan dalam lomba menulis artikel NetMonk 2019 oleh Ketitik dengan tema "Kualitas jaringan internet di ruang publik"

Terima kasih buat Yandi aulia Rahman, A.A. Faisal Fahmi, M. Fikri Anwar, dan M. Mukhlis Fauzi
yang sudah memberikan pendapatnya.

Grafik oleh Freepik dan Desain Sendiri
Share:

4 komentar:

  1. Setuju banget .Tapi kadang hotspot universitas ga berjalan baik di beberapa ruang kuliah

    BalasHapus
  2. bener banget cuy, apalagi buat mahasiswa yg doyan bikin konten tuh emang paling asik bikinnya di public area such as wifi corner,atau wifi di kampus yg sebenernya udah cukup banget.

    BalasHapus