Friday, 12 July 2019

Serunya Belajar Sejarah dan Kebudayaan Indonesia di Museum Ganesha Malang


Museum Ganesha Malang
Museum Ganesha
Museum Ganesha Malang merupakan salah satu museum baru di kota Malang yang cukup menarik dan sangat bagus. Museum Ganesha Malang menyimpan berbagai macam peninggalan dari kerajaan Singosari dan Majapahit, adapaun koleksi yang tersimpan pada lantai dua adalah alat-alat musik tradisional, koleksi wayang golek, wayang kulit, dan topeng-topeng kebudayaan Indonesia seperti topeng Malangan, Cirebon, Bondowoso, dan lain sebagainya. Bisa disebut ini merupakan salah satu museum yang menyimpan benda-benda kebudayaan dan sejarah yang sangat lengkap. Tidak hanya koleksinya saja yang lengkap, namun interior yang bagus dan terang menjadikan tempat ini sangat cocok untuk liburan edukasi bersama keluarga anda.

Terletak satu area dengan Hawaii Water Park dan Malang Night Paradise di daerah Karanglo Malang. Tempat ini akan mudah diakses bagi anda yang berpergian ke Malang dari arah Lawang atau Singosari karena posisinya ada pada perumahan mewah Graha Kencana dan tidak jauh dari pinggir jalan raya arah pusat kota Malang. Maka jika anda memiliki waktu yang cukup anda juga tidak hanya bisa berkunjung ke Museum Ganesha saja namun juga ke Hawaii Water Park dan juga Malang Night Paradise.

Baca Juga :

Museum Ganesha sendiri terletak pada lantai dua diatas lobby utama tempat kita membeli tiket. Ketika naik ke atas kita bisa menggunakan lift yang tersedia. Namun bedanya museum Ganesha ini dibanding banyak museum lainnya di kota Malang adalah ketika kita masuk ke museum ini kita wajib membungkus alas kaki serta bagian bawah kaki kita dengan pembungkus yang sudah disediakan oleh pihak pengelola museum. Mungkin tujuannya adalah menjaga kebersihan karpet-karpet pada museum.

Museum Ganesha Malang

Pada lantai pertama kita akan disajikan dengan berbagai macam koleksi batu, kendi, gerabah, kaca serta alat-alat perang sisa peninggalan kerajaan Singosari dan Majapahit. Kita bisa menemukan berbagai macam bentuk senjata yang masih bagus dan juga sudah mulai membatu. Banyak juga koleksi keris-keris, bethok, seken, dan juga ada keris sepanjang tiga setengah meter. Disini kita juga bisa melatih konsentrasi kita dengan keris, bukan sulap dan juga bukan sihir namun melatih konsentrasi kita dengan cara membuat sebuah keris berdiri. Baik berdiri dari sisi bawahnya ataupun dari bagian ujungnya.

Keris Terpanjang

Pada lantai pertama ini juga terdapat sebuah batu tulis yang mana masih belum ada seorang yang dapat memecahkan maksud kalimat yang tertulis pada batu tersebut. Selain itu juga ada bekas sumur jobong, sebuah sumur dengan silinder-silinder yang dimasukkan ke dalam tanah untuk menahan tanah agar tidak roboh. Peninggalan seperti ini banyak ditemukan di Trowulan, mengingat Trowulan merupakan salah satu pusat dari kerajaan Majapahit.

Museum Ganesha Malang

Sedangkan pada lantai dua terdapat banyak berbagai macam koleksi wayang dan topeng-topeng, selain itu juga banyak terdapat berbagai macam alat kesenian lainnya seperti alat-alat musik dan kuda lumping. Terdapat koleksi Punokawan teletubis, Punokawan hip-hop, Punokawan kulit Surakarta, Punokawan gedog Yogyakarta, Punokawan kulit Yogyakarta, dan masih banyak lagi. Adapun koleksi topengnya juga sangat lengkap seperti topeng Malangan, Cirebon, Demit, Pandawa, Kurawa, dan masih banyak lagi. Adapun koleksi yang cukup menarik pada lantai kedua dari museum ini adalah koleksi topeng Genderuwo dari cerita rakyat Bondowoso yang lumayan menyeramkan, Reog Ponorogo, dan koleksi wayang Krucil Malangan yang cukup langka.

Museum Ganesha Malang

Masih banyak lagi koleksi yang cukup menarik yang bisa kita temukan di museum ini. Maka jangan lewatkan museum ini jika kamu sedang liburan di kota Malang :). Kebetulan ketika saya mengunjungi tempat ini tersedia seorang pemandu bagi kami jadi ketika mengunjungi museum ini kami tidak hanya sekedar melihat-lihat saja namun juga mendapatkan penjelasan dari setiap objek yang kami lihat yang membuat bertambahnya wawasan kami.

Toilet : Tersedia
Parkir Motor : Tersedia
Parkir Bus : Tersedia
Parkir Mobil : tersedia
Harga Tiket : 50.000 Weekday
Lokasi :
Share:

0 comments:

Post a Comment