Senin, 18 Maret 2019

Ingin Liburan Hemat ? Coba Terapkan Beberapa Kebiasaan Berikut


Setiap kali ingin melaksanakan liburan kamu harus bisa merencanakannya semaksimal mungkin. Dengan perencanaan yang baik, maka akan lebih banyak memberikan kamu kenyamanan dalam liburanmu namun tetap tidak akan membuat kantong jebol. Berikut ini merupakan kebiasaan sederhana dalam menghemat budget liburan berdasarkan pengalaman pribadi penulis yang mungkin dapat kamu tiru :

1. Buat Rencana Anggaran Selama Liburan

Membuat anggaran selama liburan sudah pasti harus kamu lakukan agar kamu tau berapa uang yang harus kamu sediakan selama liburan. Kamu harus menentukan berapa budget-mu dan kira-kira uang tersebut cukup untuk berapa lama. Misal untuk akomodasi berapa, transportasi berapa, untuk makan berapa dan tentukan juga berapa pengeluaran maksimalnya selama liburan.

Baca Juga :
2. Buat Pembagian Budget untuk Perharinya

Membagi budget dalam liburan harus disesuaikan dengan berapa lama kamu pengen liburannya. Setelah kamu menentukan anggaran liburan seperti transportasi, konsumsi, akomodasi berapa dan lain sebagainya. Kamu harus membagi anggaran tersebut dalam perharinya sesuai dengan berapa lama kamu liburan. Selama liburan kamu harus disiplin dengan aturan pengeluaran yang sudah kamu buat dan jangan tergoda dengan apa yang tidak kamu butuhkan.

3. Terus Cek Tiket Secara Berkala dan Jangan High Season

Jika ingin memaksimalkan promo kamu harus sudah memiliki rencana yang sudah jauh-jauh hari dan melakukan pemantauan promo tiket sesering mungkin, karena kadang promo itu datang secara tiba-tiba atau tanpa diduga-duga, maka terus cek harga tiket secara berkala . Namun jika tidak mendapatkan potongan harga promo yang besar semua itu cukup disyukuri. Kalo dapet potongan 50.000 lumayan buat makan di warteg hehehe!. Namun jika kamu travelling dalam keadaan lagi high season (libur panjang atau sebagainya) maka jangan heran jika harga tiket akan terus melonjak naik, maka jika ingin liburan dengan hemat usahakan jangan pada saat high season.

4. Cari Penginapan Murah dan Dekat Tempat Wisata

Mencari penginapan yang murah boleh-boleh saja namun juga patut diperhatikan kualitasnya, seperti kamar mandinya atau fasilitasnya. Penginapan yang terletak didekat tempat wisata memiliki manfaat yang dapat menghemat budget transportasi kamu. Penginapan murah bisa seperti homestay, shared room, atau capsule hotel. Namun saya sarankan, jika ingin menghemat budget maka jangan sekali-kali menginap di hotel berbintang heheheh!.


5. Manfaatkan Transportasi Umum

Menggunakan transfortasi umum memang kadang sedikit sesak dan berdempet-dempetan seperti KRL, Transjakarta, Bus Transyogya, dan Suroboyo Bus. Namun dengan memanfaatkan transportasi publik kamu dapat menghemat pengeluaran transportasi kamu dibanding dengan menyewa kendaraan atau menggunakan taxi argo atau taxi online yang mana harganya sangat jauh berbeda. Kecuali jika kamu memiliki voucher atau kode promo potongan harga tidak masalah jika naik taxi. 

6. Pastikan Jarak Destinasi Tujuan Berdekatan dalam Kunjungan Per Harinya

Dalam mengunjungi tempat wisata, tentukan tujuan wisata yang ingin dikunjungi berdekatan satu sama lain dalam seharinya. Cara ini merupakan langkah simple kita untuk menghemat waktu dan tenaga supaya waktu tidak terbuang sia-sia diperjalanan dan lelah diperjalanan. Misalkan pada pagi hari mengunjungi Candi Prambanan namun pada siang hari mengunjungi Candi Borubudur, hal tersebut akan banyak membuang waktu kamu habis diperjalanan. Maka dari itu pilihlah tempat wisata yang jaraknya saling berdekatan dalam seharinya, seperti tempat-tempat wisata yang letaknya masih dalam satu kecamatan.

7. Bawa Tumbler Sendiri + Jangan Lupa Diisi

Bawa tumbler sendiri bagi sebagian orang merupakan hal merepotkan, namun dengan membawa tumbler sendiri memiliki banyak manfaat bagi kita. Selain merupakan langkah meminimalisir penggunaan plastik yang semakin hari semakin membuat bumi rapuh karena sampah plastik, membawa tumbler sendiri akan menjadi kebiasaan baik bagi urusan dompet, kita menjadi tidak perlu lagi mampir ke mini market untuk membeli sebotol air minum setiap kita merasa haus, sebab air minum sudah tersedia di tas kita.

Hal terpenting lainnya yang harus kamu lakuin adalah jangan lupa istirahat dan siapkan fisik dan stamina yang prima ketika akan liburan serta jangan lupa untuk beribadah sesuai kepercayaan kita masing-masing.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar