Wednesday, 10 October 2018

Pesona Candi Prambanan dan Candi-Candi Kecil di Sekitarnya

Candi Prambanan
Dengan menggunakan Trans Jogja, aku mengunjungi salah satu candi terbesar yang ada di Indonesia, yaitu candi Prambanan. Hanya dengan biaya yang tergolong cukup murah untuk transportasinya yaitu Rp 3000 dan bermodal membawa E-money, aku menaiki Trans Jogja dari halte Malioboro ke halte Prambanan dengan durasi sekitar 40 menit tergantung tingkat kemacetan, kebetulan aku berangkat kurang lebih pada jam 08:00 pagi. So angkutan umum adalah the best solution jika kamu ingin mendapatkan akses transportasi yang murah, namun harus sabar karena pada jam-jam sibuk biasanya kalian harus rela berbagi space dengan pengguna lain. Jadi demi kenyamanan kalian sendiri, kalian harus bisa mengira-ngira kapan jama-jam sibuk dari masyarakat setempat.

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia dan merupakan situs warisan budaya dunia UNESCO. Bangunan yang tinggi dan meruncing menjadi ciri khas tersendiri bagi arsitektur candi-candi Hindu. Candi tertinggi yang ada di komplek Prambanan adalah candi utama yang terletak di tengah-tengah dengan ketinggian 47 meter. Di sekitar area Prambanan banyak terdapat candi-candi kecil yang mungkin akan menambah list kunjungan kamu ketika liburan, terlebih lagi biaya masuk candi-candi kecil di sekitar area Prambanan adalah gratis alias tidak dipungut biaya. Hanya saja kamu butuh tenaga ekstra untuk mengunjunginya karena letaknya yang berjauhan, namun jangan khawatir karena banyak yang menyediakan fasilitas-fasilitas angkutan di sekitar pintu keluar dari komplek utama Prambanan seperti sewa sepeda, juga ada tersedia fasilitas golf car yang juga dapat disewa dan lain sebagainya.


Kemarin aku menyewa sebuah sepeda untuk satu orang dengan harga yang bersahabat yaitu Rp 10.000 saja untuk durasi sekitar dua puluh menit. Selain itu juga ada sepeda dengan double seat seharga Rp 20.000 untuk biaya sewanya. Dengan sepeda kita dapat dengan mudah mengelilingi area komplek Prambanan dari satu candi ke candi lain, untuk cuaca sendiri tergolong sangat panas tapi dengan rindangnya pepohonan di sepanjang jalur sepeda ke area candi-candi kecil di sekitar Prambanan kamu tidak usah khawatir kepanasan. Tapi tidak ada salhnya jika kamu menggunakan sunblock agar menambah kepercayaan diri kamu ketika panas-panasan. 


Candi Lumbung
Candi pertama adalah candi Lumbung, merupkan candi Budha yang terletak tidak jauh dengan candi Prambanan. Candi ini berbeda dengan Prambanan yang merupakan peningglan kerajaan Hindu sedangkan candi Lumbung merupakan peninggalan dari kerajaan Budha namun masih dalam satu komplek yang sama dengan Prambanan. Pada candi Lumbung terdapat 17 bangunan candi dimana satu candi induk dan 16 candi perwara sebagai candi yang mengililingi candi induk.

Candi Bubrah
Bergeser sedikit terdapat sebuah candi lagi, memiliki ukuran yang kurang lebih sama dengan ukuran candi induk dari candi Lumbung, hanya saja bentuknya lebih utuh dari candi induk candi Lumbung. Candi Bubrah. candi Bubrah sendiri awalnya ditemukan dalam bentuk keadaan hancur sebelum diperbaiki dan oleh karena itulah candi ini diberi nama Bubrah atau yang dalam bahasa Jawa memiliki arti rusak.

Candi Sewu
Candi yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Prambanan lainnya adalah candi Sewu. Candi tergolong cukup eksotis karena begitu banyaknya bebatuan dari candi-candi ini mengelilingi kawasan candi Sewu ini, mungkin karena itulah candi ini diberi nama Sewu yang artinya dalah seribu dan candi ini juga termasuk peninggalan dari kerajaan Budha pada masa Sri Maharaja Rakai Panangkara, raja ketika kerajaan Mataram Kuno.

Candi-candi kecil disekitar Prambanan tergolong gratis dikunjungi artinya tidak ada biaya tambahan. Sehingga anda tidak perlu lagi merogoh kocek untuk mengunjunginya, selagi ada kesempatan apa salahnya mengunjungi candi-candi yang ada di sekitar Pramabanan. Selain anda bisa tau keanekaragaman peninggalan sejarah yang ada di Indonesia, anda juga bisa melihat betapa indahnya Indonesia kita tercinta. 

Share:

0 komentar:

Post a Comment