Wednesday, 10 October 2018

Benteng Vredeburg , Wisata Edukasi Murah di Sekitar Malioboro


Benteng Vredeburg adalah sebuah bangunan cagar budaya yang ada di sekitar Malioboro, Tempat ini dulunya adalah sebuah benteng yang dulunya didirikan Belanda untuk memudahkan maupun mengontrol segala yang ada di sekitar kraton , karena letaknya yang berdekatan dengan kraton. Sejak tahun 1992 Benteng Vredeburg merubah menjadi Museum Pertahanan Nasional atau lebih akrab disebut sebagai Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Terdapat berbagai macam koleksi, selain dari bangunan-bangunan benteng yang sudah dipugar sesuai dengan bentuk aslinya. Museum ini juga memamerkan diorama-diorama perjuangan masyarakat Yogyakarta mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia melawan penjajah. Selain itu museum juga memamerkan barang-barang bersejarah milik pejuang-pejuang yang telah gugur dan barang-barang sisa dari pertempuran yang pernah terjadi di Yogyakarta.

Benteng Vredeburg memiliki empat ruang diorama dan salah satunya ada ruang audio visual yang mana setiap waktu-waktu tertentu memutarkan video rekaman-rekaman pertempuran atau sejarah dari benteng Vredeburg ini. Terdapat berbagai macam diorama-diorama unik yang gue temukan disini seperti diorama tertembaknya pesawat Dakota VT-CLA. Diorama yang menggambarkan tragedi 29 Juli 1947, ketika pesawat milik pengusaha India membawa obat-obatan ditembak jatuh oleh penjajah ketika terbang rendah. 

Diorama Tertembaknya Pesawat Dakota


Tempat wisata ini terletak di area titik nol kilometer Yogyakarta sehingga tidak terlalu sulit ditemukan dan juga tidak jauh dari jalan Malioboro. Museum benteng Vredeburg dapat dikunjungi dari hari selasa sampai minggu pada jam 08:00 - 16:00 dan khusus pada hari senin tidak buka. Jika anda berkunjung pada siang hingga sore hari anda dapat bersantai dan menikmati sore di area titik nol kilometer Yogyakarta sesudah mengunjungi museum. Karena letaknya yang berada di sekitar keramaian , terlebih lagi pada malam hari kita dapat menemukan banyak jajanan di area luar pagar benteng Vredeburg.

Share:

0 komentar:

Post a Comment