Wednesday, 12 September 2018

Puncak 76 Ringin Kembar , Wisata Bukit Tersembunyi yang Mempesona di Desa Ringin Kembar


Mungkin tidak banyak yang mengenal desa Ringin Kembar ini, sebuah desa seluas 1277 hektar di kabupaten Malang. Desa yang tergolong masih asri dan tergolong cukup dingin, "kenapa aku bisa tahu desa ini dingin ?" kebetulan aku pernah tinggal satu bulan disini waktu KKN tahun 2018 kemarin. Desa yang menjadi bagian dari unforgettable moments dalam hidupku "haduh malah curhat". Desa ini terletak di kecamatan Sumbermanjing Wetan atau yang biasanya disingkat Sumawe tepatnya di Kabupaten Malang.

Komoditas utama masyarakat disini sebagian besar adalah tebu dan juga kopi, namun juga dapat ditemukan kebun-kebun lain dari warga seperti cabai dan juga cengkah, karena sebagian besar warga disini bekerja sebagai petani atau pekebun. Kebetulan bukit ini terletak lebih jauh dari balai desa Ringin kembar dan dapat ditempuh kurang lebih 25 menit sampai 30 menit dengan kendaraan roda dua. Selama perjalanan kita ditemani kebun-kebun milik warga disepanjang jalan dan udara yang sangat segar. Karena disini kendaraan bermotor masih minim dan nuansa yang asri masih banyak dikelilingi pepohonan. 


Tampak pada foto diatas, nuansa sekitar Bukit 77 desa Ringin Kembar yang terletak di ketinggian dan dikelilingi pepohonan cengkeh. Area bukit juga terdapat beberapa tempat untuk bersantai yang telah dibuat agar dapat berteduh dan duduk santai menikmati pemandangan. Dikejauhan juga tampak terlihat birunya lelautan indah, yang katanya itu adalah pantai Goa cina. 


Adapun yang paling menarik disini adalah spot-spot gardu pandang di ketinggian yang menghadap ke arah lembah-lembah hijau dari perbukitan. Merupakan salah satu spot favorit untuk berfoto mengabadikan momen kunjungan kali ini kesini. Ditambah lagi cuaca yang sangat bersahabat di sore itu, menjadikan berfoto-foto ria disore itu sangat nyaman, pemandangan sekitar pun dapat dengan nyaman kita nikmati.

Akses kesini tidak terlalu sulit bagi seorang pria, karena saya yakin laki-laki pasti mampu mengendarai motor demi bisa naik ketas puncak 77 ini. Namun yang perlu dicatat ketika mengunjungi tempat ini jangan ketika musim hujan, karena jalanan yang tidak beraspal dan hanya tanah-tanah saja dapat menyebabkan ban motor kita tergelincir terutama didaerah yang menanjak dan juga becek.

Tempat yang sangat indah dan tidak akan terlupakan :)
Puncak 77 Ringin Kembar 
14 Agustus 2018

Lokasi Kantor Desa Ringin Kembar, Bukit 77 dapat ditempuh kurang lebih 25-30 menit dari kantor desa Ringin Kembar.


Share:

0 komentar:

Post a Comment