Monday, 3 September 2018

Beautiful Sunset dari Gerbang Alun-Alun Ratu Boko Yogyakarta

Ratu Boko

Ratu Boko merupakan sebuah situs arkeolog yang terletak di perbukitan setinggi 196 meter diatas permukaan laut. Terletak diantara dua pedukuhan (Dawung dan Sambirejo) desa Bokoharjo dan desa Prambanan. Terletak tidak terlalu jauh dari Prambanan dengan jarak kurang lebih tiga kilometer, dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dan bus. Tiket Ratu boko juga bisa didapatkan dengan membeli tiket terusan di loket masuk candi Prambanan seharga Rp 75.000 dan bisa mendapatkan service fasilitas shutle bus dari candi Prambanan ke Ratu Boko.

Ratu Boko berbeda dengan beberapa candi-candi disekitanya, Ratu Boko berbentuk kompleks profan, yang terdiri dari pintu gerbang, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, dan pagar-pagar pelindung. Letaknya yang diatas bukit juga menjadi pembeda betapa istimewanya kawasan Ratu Boko ini, selain itu kawasan Ratu Boko memiliki pemandangan yang sangat spektakuler kala pagi maupun sore hari. Sore hari menjadi saat-saat paling ramai pengunjung, para pengunjung berbondong-bondong datang untuk menikmati sunset dari atas bukit ini.


Bisa disebut sebagian besar dari kawasan ratu Boko ini telah hancur, hanya menyisakan beberapa bangunan saja seperti Pendopo, Gapura utama, dan Candi Pembakaran. Namun bukan berarti kawasan ini tidak seru untuk dikelilingi oleh pengunjung. Salah satunya adalah pemandangan sunset disini setiap sorenya yang sangat luar biasa. Kita bisa melihat matahari jatuh diufuk barat dari gerbang keraton Ratu Boko ini.

Namun jika anda tertarik anda bisa mengunjungi beberapa reruntuhan yang ada di kawasan komplek Ratu Boko ini. Tempat ini tergolong sangat instagramable bagi mereka yang senang foto-foto. Mulai dari kawasan Pendopo, Paseban, Kaputren, Goa Lanang, dan Goa Wadon.


Selain dari gapura utama, ada Pendopo yang berbentuk masih bagus. bangunan dengan luas 14.000 m2 dan terdiri dari pagar pendapa dan dua buah batur, satu batur di utara dan satu batur di sebelah selatan.

Jika kalian hanya mengenal Prambanan dan Borobudur, anda patut mengetahui dan berkunjung ke Ratu Boko. Sebuah tempat yang sebenarnya masih dikelola oleh perusahaan yang sama, namun bedanya ratu Boko memiliki sunset yang sangat indah setiap sorenya. Jika anda mau berkunjung kesini dengan harga yang lebih murah anda juga dapat datang pada siang hari dengan resiko menunggu lebih lama, karena jika sudah sore maka harga tiket yang dijual mengalami perbedaan karena masuk kategori tiket sunset. cmiiw .


Share:

0 komentar:

Post a Comment