Sunday, 29 April 2018

Monumen Kapal Selam KRI Pasopati Surabaya , Utuh Seperti Asli dan Terbesar di Indonesia


Sebuah tempat yang tidak hanya bisa di sebut Monumen tapi Museum dengan mempertunjukkan isi dari kapal selam lengkap dan utuh seperti aslinya. KRI Pasopati 410, merupakan sebuah kapal selam milik angkatan laut Indonesia yang kini telah dipensiunkan dan dijadikan monumen. Terletak disekitar Kali mas Surabaya, menjadikan monumen kapal selam ini terlihat sebagai pemandangan indah di tengah kota dari sisi seberang yaitu di jalan Gubeng Pojok yang juga dapat mengalihkan perhatian para pelancong di kota Surabaya.

Surabaya sejatinya memiliki panyak tempat-tempat bersejarah yang harus dikunjungi oleh banyak pelancong dan bahkan yang bukan penyuka sejarah, karena mengunjungi situs-situs sejarah akan membuat kita terkagum terhadap perjuangan pahlawan-pahlawan dahulu berjuang memerdekakan Indonesia.


Terletak di jalan Pemuda dan tidak terlalu jauh dengan beberapa pusat perbelanjaan kota Surabaya seperti Surabaya Plaza  , menjadikan tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terlebih dengan harga tiket yang tergolong murah yaitu hanya sepuluh ribu rupiah saja untuk satu orang.


Dilihat pada bagian dalam, tampak tidak ada yang berubah dan masih seperti dengan yang aslinya dan pastinya ini bukan replika, terdapat ruangan sebanyak tujuh ruangan utama yang dimulai dari pintu masuk utama yaitu ruang haluan torpedo yang memiliki empat slot torpedonya, lalu lanjut keruangan selanjutnya terdapat beberapa ruangan lain seperti ruangan komandan yang lengkap dengan kasurnya dan ruang untuk para awak kapal beristirahat, ruang makan atau dapur, ruangan mesin diesel , ruangan penyimpanan baterai, ruang mesin listrik, dan ruang buritan yang memiliki dua buah torpedo.

Katanya dulu kapal selam ini dibawa dengan dipotong terlebih dahulu sebanyak 16 bagian hingga dirangkai kembali lengkap dengan isinya , artinya isi maupun luar sama persis seperti ketika kapal ini masih beroperasi. Konstruksi dilakukan pada tahun 1995 dan dilakukan oleh PT.PAL hingga akhirnya ditanda tangani dan diresmikan oleh Gubernur Jawa timur saat itu .

Biasanya pada waktu tertentu akan ada pemutaran film tentang perjalanan dari KRI Pasopati 401 ini, pertunjukan ini dapat anda tonton agar tidak hanya melihat bentuknya namun juga mengetahui cerita dari kapal selam ini, selain itu sebagai sarana pendukung disekitar lokasi terdapat beberapa tempat untuk bersantai ataupun wahana buat bermain anak dengan pemandangan kota Surabaya dan Kali mas Surabaya.
Share:

0 komentar:

Post a Comment