Tuesday, 27 February 2018

Museum Wayang Jakarta, Mulai dari Wayang Sampai Boneka - Boneka dari Luar Negeri


Sebuah tempat yang tak pernah bosen gua kunjungi di Jakarta adalah Kota Tua Jakarta, sebuah kawasan yang memiliki sejarah panjang sejak zaman penjajahan. Pernah ada yang bilang Kota Tua "Nothing Special" tapi bagi gua yang penikmat kawasan bersejarah, mengunjungi Kota Tua ini sebenarnya udah tiga kali dan mengunjungi Museum Wayang ini juga sudah dua kali tapi selalu ada rasa penasaran untuk berkunjung lagi dan lagi. 


Museum Wayang yang terletak di Jalan Pintu Besar Utara , Jakarta Barat, ini memiliki berbagai koleksi boneka-boneka dan wayang-wayang dari beberapa daerah dan negara di dunia seperti dari Polandia dan Rusia. Bangunan ini dulunya adalah sebuah Gereja bernama "De Oude Hollandsche Kerk" pada tahun 1640, lalu pada 1732 diperbaiki dan berubah menjadi gereja "De Nieuwe Hollandse Kerk" hingga terjadi sebuah gempa pada ytahun 1808 yang kemudian meruntuhkan bangunan ini. Hingga gedung ini dibangun kembali pada tahun 1912 dengan gaya arsitek Neo Renaissance, lalu pada tahun 1936 bangunan ini serta tanahnya ditetapkan sebagai monument dan pada tahun berikutnya dibeli oleh Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen, dan kemudian diserahkan kepada Stichting Oud Batavia dan dijadikan De Oude Bataviasche Museum. Namun setelah kemerdekaan RI bangunan ini diserahkan kepada Lembaga Kebudayaan Indonesia dan dirubah menjadi Museum Jakarta pada 1960 lalu berubah menjadi Museum Wayang pada  1975.



Seperti apa sih isi dari Museum Wayang ? seperti namanya isinya adalah wayang-wayang dari berbagai macam jenis wayang seperti wayang golek dan wayang kulit , ada juga berbagai boneka-boneka dari berbagai negara seperti dari India, Rusia, Thailand, Malaysia, dan lain sebagainya. Kebetulan ketika saya datang kesini saya datang ketika weekday dan suasana sedikit menyeramkan dengan nuansa yang remang-remang di dalam dan tidak sedikit pula beberapa boneka-boneka yang memiliki wajah sangat menakutkan.

Ada sebuah kisah mistis yang pernah gue baca bahwa ada beberapa boneka yang tidak bisa dipindahkan karena memang seperti ada penghuninya dan beberapa ada yang terlihat bergerak sendiri. salah satu yang cukup terkenal adalah boneka si Gale-gale dari Sumatera Utara yang bisa bergerak sendiri, boneka ini berbentuk tiga dimensi dan dari pengalaman gue ketika gue merekam video pada boneka ini kamera gue tidak bisa fokus dan blur sendiri , terlebih lagi saya mengunjungi tempat ini saat weekday dan suasana tidak ramai cuma saya sendiri yang berada disekitar lemari yang berisi boneka si Gale-gale ini.


Hampir setiap museum selalu mempunyai cerita mistis sendiri namun tidak pernah membuat gue takut untuk mengunjungi museum karena dari museum - museum kita bisa belajar sejarah-sejarah yang ada di Indonesia. Museum wayang ini adalah salah satu favorit gue banget diantara sekian banyak museum yang pernah gue kunjungi, terlebih lagi arsitektur Belanda pada bangunan ini yang membuat gue merasa berdiri pada zaman dahulu.
Share:

0 komentar:

Post a Comment