Wednesday, 24 January 2018

Jalan - Jalan ke Rumah WR Supratman di Surabaya


Salah satu peninggalan sejarah yang baru-baru ini diresmikan oleh Walikota Surabaya adalah Rumah Wafat Wage Rudolf Supratman sang pengarang dari national anthem of Indonesia yaitu Indonesia Raya sebagai destinasi heritage di Kota Surabaya. Awalnya rumah yang terletak dikawasan padat penduduk di pusat kota Surabaya ini adalah rumah dari kakak WR. Supratman yaitu Roekiyem Supratijah . WR. Supratman pindah dari Pemalang ke Surabaya pada tahun 1937 hingga beliau sakit-sakitan dan meninggal di Surabaya tepat tujuh tahun sebelum Indonesia merdeka yaitu 17 Agustus 1938.


Awalnya saya tidak mengetahui tentang sejarah rumah ini, namun ketika saya melihat posting-an tentang rumah ini di Instagram seseorang saya pun tertarik untuk mengunjungi rumah ini pada lain kesempatan dan akhirnya terlaksana pada awal 2018 dengan budget pas-pasan untuk travelling sebentar melepas suntuk. Kini saya tertarik untuk menelusuri tentang peninggalan-peninggalan WR Suprtaman lainnya di Kota-kota lain jika ada kesempatan , Doakan yaa !! :) Aamiin.

Rumah Wafat ini kini juga telah dijadikan sebagai Museum WR Supratman untuk mengenang jasanya melawan penjajah. Apa yang ada didalam rumah seukuran 5x10 meter ini ? didalam kita bisa melihat dipan dan kursi yang diambil dari desa Somongari yang merupakan dipan dan kursi yang digunakan untuk melahirkan WR Supratman pada masa itu. Selain itu kita juga melihat pakaian dan kacamata yang pernah digunakan WR Supratman serta tipe biola yang sama digunakan oleh WR Supratman namun hanya duplikatnya.





Rumah ini kini berada dibawah naungan dari pemerintah kota Surabaya dan ditetapkan sebagai bangunan Cagar Budaya sesuai dengan surat keputusan Walikota Surabaya No. 188 .45/251/402.1.04/1996 No. Urut 56. Rumah ini terletak di kawasan Tambak Sari di Jalan Mangga nomer 21 berdekatan dengan kawasan pemukiman padat penduduk  dan Stadion bersejarah milik arek-arek Suroboyo yaitu Stadion Gelora 10 November. Jika anda kebingungan menemukan rumah ini anda dapat bertanya dengan warga sekitar Tambaksari ataupun menggunakan Google maps. So,  enjoy your trip in Surabaya.

Share:

0 komentar:

Post a Comment