Wednesday, 8 November 2017

Wisata Edukasi ke Museum dan Makam Bung Karno di Blitar

Dalam perjalanan kali ini saya tertarik untuk mengunjungi salah satu ikon wisata dari Kota Blitar , dimana kota yang terletak di selatan dari provinsi Jawa Timur ini memang sudah sangat terkenal dengan peninggalan-peninggalan Bung Karno dimana Bung Karno sempat menghabiskan masa kecil di Blitar dan juga sering pulang ke Blitar dan hingga akhirnya di makamkan di Kota yang memiliki julukan "Kridha Hangudi Jaya yang berarti" . 




Taman Makam Bung Karno diresmikan oleh Megawati Soekarnoputri pada tahun 2004 tepatnya pada 3 Juli 2004, merupakan sebuah area taman makam dari Presiden pertama Republik Indonesia. Dimana terdapat pada area Taman Makam dari sang proklamator ini terdapat sebuah Museum Bung Karno yang menyimpan banyak peninggalan dari Bung Karno ataupun foto-foto jadul dari Bung Karno dan keluarganya , sebuah Perpustakaan Nasional yang menjadi pusat studi dan banyak menyimpan memorabilia Bung Karno,  dan sebuah Gong perdamaian atau World peace Gong.

Pada area Taman Makam Bung Karno terdapat sebuah patung Bung Karno yang sedang duduk diantara perpustakaan dan museum dan pada area depan atau pada akses menuju kedalam area terdapat banyak relief-relief perjuangan dari sang proklamator. Adapun apabila ingin memasuki area museum ini tidak dipungut biaya alias gratis. Pada museum banyak terdapat benda-benda yang tergolong langka seperti uang bergambar Soekarno dalam berbagai seri yang bisa menggulung atau melipat sendiri pada telapak tangan orang-orang tertentu, lukisan Soekarno yang terlihat hidup karena pada bagian jantungnya terlihat bergerak seperti ada denyut nadi, baju yang pernah digunakan Soekarno yang didapatkan dari hibah Pak Demas Korompis yang merupakan eks ajudan Soekarno, dan koper peninggalan Bung Karno bermerk Arco yang sudah pernah menemani Bung Karno keluar masuk penjara yang merupakan hibah dari Yayasan Idayu.







Pada bagian luar tepatnya pada tangga sebelah kanan ketika kita akan memasuki sebuah area taman yang terdapat sebuah World Peace Gong atau Gong Perdamaian Dunia dengan banyak bendera menempel pada gong dan simbol-simbol agama dan kepercayaan seperti Kristen , Islam , dan lain sebagainya yang dikelilingi bendera-bendera negara didunia.


Adapun makam bung karno terletak sebelah kiri kita ketika kita memasuki pintu gerbang utama, makam Bung Karno berdekatan dengan makam dari orang tuanya dan didesain dengan arsitektur khas Jawa yaitu bangunan Joglo, selain itu didekat makam Bung Karno juga terdapat masjid, gapura, dan bangsal. Untuk biaya masuk kedalam area taman Makam Bung Karno adalah gratis. Adapun akses untuk menuju tempat wisata ini tergolong sangat mudah karena terletak di daerah pusat Kota Blitar selain itu sekarang pihak pemerintah Kota Blitar sendiri telah memperlebar jalan dan mempercantik kawasan pedestrian sekitar taman makam Bung Karno. 






Share:

0 komentar:

Post a Comment