Friday, 22 September 2017

Nongkrong Murah dan Ala Vintage di Kedai Seni Djakarte

Jakarta, Sebenarnya sudah sangat sering saya mengunjungi Jakarta, mulai dari belum sekolah sampai kuliah, karena banyaknya keluarga saya disana saya pun sering sekali mengunjungi Jakarta atau Bekasi, Begitupun juga dengan kawasan wisata Kota Tua Jakarta yang terletak di Jakarta Barat. Namun baru pada tahun 2016 kemarin saya mengunjungi atau mencicipi makanan yang ada di salah satu Cafe yang terletak di kawasan kota tua ini, yaitu Kedai Seni Djakarte, sebuah Cafe dengan bangunan tua yang terletak di Jalan Pintu Besar Utara, Jakarta Barat. 

2016 © Aldrin Rachman Pradana


Kedai Seni Djakarte merupakan bagian dari komplek Batavia Zee en Brand Assurantie Mij yang dibangun oleh arsitek P. A. J. Moojen, hingga saat ini Cafe dua lantai ini tetap mempertahankan keaslian bangunan sejak 1913 dan pada awalnya merupakan sebuah kantor asuransi dan juga sepat bernama gedung Bar-Bar dan pemberian nama Bar-Bar ini dulunya merupakan keperluan untuk syuting film yang menggunakan gedung ini dan selanjutnya juga sempat menjadi gudang alkohol pada tahun 1983, pada bagian depan gedung terdapat tulisan "Java Sea & Fire Insurance Co Ltd cs" yang sepertinya merupakan pemilik awal dari gedung ini. Pada tahun 2012 mulai dilakukan renovasi tahap pertama hingga pada akhirnya pada tahun 2013 tepat pada 13 Juni 2013 tempat ini disulap menjadi sebuah Cafe dan mulai dibuka untuk umum dengan nama Kedai Seni Djakarte. Sempat dilakukan renovasi kembali atau renovasi tahap dua pada tahun 2013 dan pada tahun 2015 atas bantuan dari UNESCO.

2016 © Aldrin Rachman Pradana

Selain itu, dari sumber Het nieuws van den dag voor nederlandsch - indie Dinsdag 28 October 1913 p 5 data diketahui lokasi Kedai Seni Djakarte saat ini merupakan bekas bagian belakang kantor Batavia Zee en Brand Assurantie Mij yang dulu diperuntukan untuk garasi.

2016 © Aldrin Rachman Pradana

Pada saat datang kesini saya hanya memesan menu yang sederhana saja untuk porsinya karena kebetulan sudah makan sebelumnya, untuk menu tergolong sangat bersahabat bagi kantong warga Jakarta, mulai dari 10.000 rupiah sampai 50.000 rupiah. Tempatnya bagaimana ? tempatnya tergolong sangat cozy dan bisa untuk bersantai-santai sembari membaca buku-buku yang tersedia di lantai satu bangunan dan bagi kamu yang muslim jangan khawatir, karena terdapat praying room pada lantai dua bangunan.
2016 © Aldrin Rachman Pradana

Selain memiliki nuansa tempo dulu dengan interior yang vintage dengan kursi-kursi model suku Betawi, pada Cafe ini tidak banyak menjual barang-barang seni, namun lebih memamerkan barang-barang yang bersifat sejarah atau bernilai seni, seperti banyaknya foto-foto nuansa tempo dulu atau lukisan-lukisan dan barang-barang antik. Pada lantai dua nuansa vintagenya sangat kental dengan didukung interior yang sangat vintage seperti kursi, meja, jendela, dan lain sebagainya. 

Lokasi : Jalan Pintu Besar Utara, No.17, Jakarta Barat.
Sumber : Papan Informasi Kedai Seni Djakarte


Share:

0 komentar:

Post a Comment