Tuesday, 22 August 2017

Wisata Sejarah ke Tempat Pertapaan Dewi Kilisuci di Goa Selomangleng Kediri

Jika anda yang merupakan seorang penikmat sejarah, ada baiknya jika kalian menyempatkan diri mengunjungi salah satu peninggalan sajarah dari zaman kerajaan yang ada di kota Kediri, yaitu Goa Selomangleng. Sebuah gua yang terletak di utara kota Kediri dengan akses jalan yang tidak sulit dan berdekatan dengan museum Airlangga, sebelum anda ke sini kalian juga bisa berkunjung ke tampat yang cukup instagramable yaitu perkebunan bunga matahari kota Kediri. Selomangleng berasal dari bahasa jawa yang diman selo berarti batu dan mangleng yang berarti menggantun dan artinya adalah batu yang menggantun.



Pada sejarahnya Goa Selomangleng adalah sebuah goa yang yang dulu pernah digunakan oleh Dewi Kilisuci sebagai tempat pertapaan. Dewi Kilisuci merupakan putri dari mahkota dari Raja Erlangga yang menolak untuk menerima sebuah tahta kerajaan yang diwariskan kepadanya dan lebih menjauhkan diri dari kehidupan dengan melakukan tapabrata di gua ini. (Source : Wikipedia)




Goa yang terletak dikaki gunung Klotok ini memiliki dua pintu berbentuk lingkaran yang saling terhubung dan dipenuhi relief-relief dan juga terdapat beberapa arca pada bagian dalam gua. Struktur batu yang membentuk gua ini adalah bebatuan berjenis andesit. Pada bagian dalam gua sangat gelap dan tergolong pengap, apabila ingin memasuki gua ini kalian harus menaiki bebatuan yang ada didepan pintu dulu dan setelah itu kalian akan memasuki gua ini dengan cara merangkak karena tinggi gua yang hanya sekitar 160 sentimeter. Didalam gua juga terdapat beberapa bekas sesajen yang artinya gua ini masih dipakai oleh masyarakat sekitar untuk beribadah maupun bertapa. Pada bagian sebelah terdapat sebuah tempat pembakaran dupa dengan altar yang biasanya digunakan dalam peletakkan bunga.

Tempat Pembakaran Dupa
Kini diarea Goa Selomangleng sudah banyak dilengkapi sarana-sarana penunjang lain  , seperti wifi area, area bermain,kolam renang, Museum Airlangga , dan disekitar goa juga terdapat Pura Penataran Agung Kilisuci. Namun sayangnya dari segi informasi yang ada disini sangatlah minim jadi sangat sulit bagi kita yang ingin mengetahui sejarah tentang goa ini lebih dalam , selain itu tempat ini kalau dilihat dari segi keasliannya sudah mulai pudar karena banyaknya  orang-orang yang berjualan hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan sejarah tempat wisata ini disekitar goa, seolah-olah orang berwisata kesini hanya untuk bermain-main saja dan bukan untuk menikmati wisata sejarah.

Share:

1 comment: