Wednesday, 16 August 2017

Kuy Jelajahi Sejuknya Kawasan Gunung Kelud di Kediri

Pada saat saya belajar di Kampung Inggris ada satu tempat yang menjadi most visited place in Kediri, yaitu Kawasan Wisata Gunung Kelud. Awalnya cuma tahu cerita dari membaca saja, namun pada kesempatan kali ini bisa juga mengunjungi tempat ini. Datang bersama seorang teman yang sudah pernah kesini dengan menyewa sebuah motor, kami berangkat pada pagi hari, kenapa pagi ? karena saya takut kesorean tapi kata dia ternyata kesana tidak butuh waktu lama. Saya dapat menempuh waktu perjalanan satu jam tiga puluh menit dengan kecepatan rata-rata 50 kilometer per jam. Jalanan di menuju tempat ini tidak terlalu susah atau dengan kata lain jalannya mulus, mungkin kalian hanya akan menemui jalan-jalan yang berliku ketika akan tiba di kawasan wisata. Di area wisata kalian bakalan banyak menemui orang berjualan nenas dan kebun nenas dan juga ditemani pemandangan yang indah di samping kalian. 




Kawasan Wisata Gunung kelud Sendiri terletak di perbatasan Kabupaten Kediri, Blitar , dan Malang. Gunung ini merupakan gunung berapi aktif dan sudah sangat sering meletus, terakhir meletus waktu 2014 . Saat letusan terakhir banyak terjadi perubahan di sekitar kawah , namun sayangnya saya belum pernah mengunjungi Kelud yang dulu huhuhuhuhu :( . Soalnya Kelud yang dulu terlihat lebih indah dari sekarang dari komentar-komentar netizen di Trip Advisor .

Tanah di kawasan ini sangatlah subur, makanya tak heran jika daerah ini dijadikan lahan untuk perkebunan. Rute untuk kesini mungkin paling mudah jika menggunakan jalur arah Wates. Di jalanan ada sebuah kawasan yang cukup unik, biasa disebut Mysterious Way, Kenapa ? karena disini kendaraan kalian akan berjalan sendiri tanpa dihidupkan mesinnya dan mirip seperti Jabal Magnet di Arab Saudi. Unik ? pastinya, mungkin ketika kalian kesini jangan lupa untuk mencobanya hahaha . Pada kawasan Gunung Kelud nantinya juga kalian harus memarkir kendaraan kalian sekitar 2 Km sebelum puncaknya , selanjutnya kalian harus berjalan kaki dengan jalan beraspal yang menanjak. Disarankan untuk cewek kalau kesini jangan pakai sepatu yang ribet-ribet karena akan repot sendiri. 


Sebagian besar pengunjung yang datang kesini adalah melakukan foto-foto di beberapa spot-spot indah yang ada disini. Mulai dari parkiran kalian sudah disuguhi pemandangan yang indah dan sejuk , apabila kalian berjalan semakin menanjak keatas , kalian bakalan melihat pemandangan yang sangat indah pastinya.  Pada bagian atas kalian akan menemukan beberapa gardu pandang untuk bersantai ataupun beristirahat sejenak. Namun tetap berhati-hati karena beberapa titik ada yang tidak dilengkapi pagar pembatas dan sangat berbahaya bagi keselamatan.


Untuk masuk gunung Kelud biayanya sangat murah yaitu hanya sekitar belasan ribu per orang plus masuk bersama motor kaliannya hahaha , tapi jangan parkir sembarangan yaa karena berbahaya, tetaplah parkir di tempat yang disediakan. Namun sayangnya pada kesempatan kali ini saya tidak sempat mengunjungi kawah dari Gunung Kelud ini karena saya datang bersama teman saya yang cewek.

Share:

0 komentar:

Post a Comment