Friday, 10 February 2017

Cara Terbaik Membedakan Sepatu KW dengan Original + Gambar

Sedikit ane mau sharing dari beberapa pengalaman dan juga hasil dari membaca dari beberapa situs-situs yang telah ane buktikan kebenarannya, serta hasil ngerumpi dengan penjaga retail/store sepatu tentang sepatu Original dan KW. langsung saja, berikut adalah beberapa ciri-ciri perbadaan sepatu Original dan KW :


1. Texture
Sepatu Original memiliki texture yang bagus serta memiliki jahitan yang rapih dan nyaman dipakai. Sedangkan Palsu atau KW memiliki jahitan yang tidak rapih dan warna yang mudah pudar. Selain itu kalo KW pasti cepat rusak apalagi kalo sering terkena Air hujan dan panas matahari. Selain itu yang KW kode pada lidah sepatu mudah hilang apalagi kalo di gosok dengan kuku, pada original kode barcode tidak mudah hilang.

2. Perhatikan Colorway yang di rilis
Perhatikan warna, Nike atau Adidas dan lain sebagainya hanya meluncurkan sepatu hanya beberapa warna saja. Bisa hanya 4 atau 5 atau 6 atau 7 atau hanya 1 warna saja. Jika Pabrik Nike,Adidas atau lain sebagainya hanya mengeluarkan warna Biru,Merah,Oren,Kuning tapi anda anda menemukan di pasaran ada berwarna Ungu. Patut di curigai dan bahkan dipastikan sepatu tersebut palsu. jadi intinya warna varian dari sepatu palsu lebih bervarian daripada yang original. Lah perusahaannya saja tidak meluncurkan warna yang begitu tapi kok malah ada dipasaran, kan aneh.

Contoh :
Source photo https://www.wakawakasports.com/blog/2014/03/11/cara-membedakan-sepatu-nike-adidas-asli-original-dan-palsu-kw/
Varian warna resmi Nike KD VI yang dirilis 

Source photo https://www.wakawakasports.com/blog/2014/03/11/cara-membedakan-sepatu-nike-adidas-asli-original-dan-palsu-kw/
 Warna KD VI palsu (Nike tidak ada merilis warna seperti ini)


Contoh 2 :
Source photo http://www.chexosnews.com/review-sepatu-futsal/pemalsuan-fatal-sepatu-futsal-atau-sepak-bola/
Sepatu diatas adalah palsu. Kenapa ? perhatikan strip dibelakang.

Source photo http://www.chexosnews.com/review-sepatu-futsal/pemalsuan-fatal-sepatu-futsal-atau-sepak-bola/
Sepatu yang diatas ini adalah aslinya.

Kenapa ?

Untuk sepatu Nike Mercurial Futsal yang original warna strip dibelakang adalah seperti pada gambar yang ke dua. Sedangkan pada gambar pertama warna strip yang seperti itu adalah pada seri sepatu sepak bolanya. Lihat gambar dibawah..


 Jadi pemalsuan itu terjebak, dan pembuatan sepatu futsal palsu itu melihat sample pada sepatu sepak bolanya. Padahal pewarnaan pada strip dibelakang atau pada tumit berbeda antar yang futsal dan seri sepak bolanya. Cukup sederhana saja cara membedakannya antara yang palsu dan originalnya cukup anda mengetahui seperti apa yang original yang sebenarnya.

3. Perhatikan Harga dan Harga Pasarnya.
Cek harga pasarannya adalah salah satu cara membedakannya juga. Sepatu original memang mahal tapi juga ada yang di bawah 1 juta seperti seri turunan atau seri yang biasa,misalnya : Nike Revolution 2 atau Nike Revolution 3. 
Tapi Jika anda menemukan sepatu Nike Air Max Zero Essential masih baru alias bukan barang bekas seharga dibawah 1 juta apa yang anda pikirkan ? asli atau KW ? saya menyimpulkan harga dibwah satu juta patut di curigai. Kenapa ? Harga pasaran Nike Air Max sendiri adalah diatas 1,5 juta bahkan tembus 2 juta. Tergantung dari serinya, tapi untuk Nike Air Max sebagian besar Nike Air Max original adalah diatas 1 juta untuk harganya.

Cek gambar dibawah ini :
Source photo prodirectselect

Anda lihat gambar diatas itu adalah harga-harga sepatu Nike Air Max Zero Essential dalam Pounds. kalo 1 Pounds berapa rupiah ?? jawabannya 1 pounds itu sendiri dalam rupiah kurang lebih 16.600 Rupiah. Jadi harganya sekitar 1,6 juta,nah kalo kamu menemukan orang menjualnya dibawah satu juta maka itu adalah ??? jreng.. jreng... 

Tapi yang perlu di ingat adalah sepatu original tak mesti diatas 1 juta karena tergantung seri dan tipenya juga. Ada seri yang biasa saja dan tak ada teknologi yang diselipkan dalam sepatu biasanya harganya hanya di bawah 1 juta. 

Seperti halnya Nike Hypervenom Phelon yang hanya 60 Pounds dan Nike Hypervenom Phantom yang seharga 240 Pounds yang membedakan sehingga harganya berbeda adalah teknologi yang digunakan pada sepatunya, bisa berupa yang satu menggunakan teknologi ACC tapi yang satunya tidak menggunakan teknologi ACC.

4. Perhatikan Kode SKU/Kode Internasional
Sepatu original Nike pastinya memiliki kode SKU dan yang palsu biasanya tidak memiliki dan jika ada itupun salah. Coba kalian memasukkan kode SKU pada Google gambar maka akan keluar gambar product yang sesuai dengan sepatu sang pemilik kode SKU
Source photo http://haphapsports.com
Yang dilingkarin warna hitam adalah kode SKU,Kode SKU pada sepatu original adalah sama pada bagian lidah sepatu kiri,kanan,box dan price tag.

Contoh :
Saya coba inputkan kode sepatu Nike Revolution 2 saya yaitu 554954-040 ke Google
hasil gambarnya :
hasilnya ada dan persis seperti punya saya, kalo sepatu fake atau palsu biasanya hasilnya tidak sesuai atau tidak ada gambar yang sama alias salah.

Jadi pastikan kode SKU pada lidah sepatu kiri,kanan,box dan price tag sewaktu membeli adalah sama.

Pada Adidas ada orang menyebutnya Kode Internasional, sama dengan SKU yaitu harus sama di 3 posisi yaitu kiri dan kanan, price tag, dan box.

source photo http://sarangsepatu.com/pages/articles-17/cara-membedakan-sepatu-adidas-asli-dengan-palsu-tips-1-kode-internasional-dari-sepatu-adidas-45.html

Source photo http://sarangsepatu.com/pages/articles-17/cara-membedakan-sepatu-adidas-asli-dengan-palsu-tips-1-kode-internasional-dari-sepatu-adidas-45.html

source photo http://sarangsepatu.com/pages/articles-17/cara-membedakan-sepatu-adidas-asli-dengan-palsu-tips-1-kode-internasional-dari-sepatu-adidas-45.html
Pada Adidas ada 1 nomer paling unik yang berbeda dari yang lain dimana untuk kode internasional, nomer informasi PO (maksudnya bukan pre order) yang harus sama pada sepatu kiri dan kanan, price tag, dan boxnya. Nomer yang harus berbeda antara kiri dan kanannya yaitu nomer series. Nomer series terletak pada label di lidah sepatu dan berbeda antar sepatu kiri dan kanannya.   
source photo http://adhityaaap.blogspot.co.id/

5. Perhatikan UPC atau Barcode 
source photo 100 Years of Design
Pada sepatu palsu kode UPC bisa dihapus dan tidak dapat di scan. Pada sepatu original barcode ini bisa di scan dan setelah di scan maka hasilnya bisa berupa angka dan sesuai dengan angka yang dibawahnya. Kalo angka yang tertulis dibawah barcode 12345678 lalu kita scan barcode dan sesuai dengan angka di bawahnya maka ada kemungkinan sepatu ini asli. Sebagaian besar sepatu palsu tidak bisa di scan barcodenya dan jika bisa biasanya tidak sesuai pada angka dibawahnya.

6. Sepatu Original Mempunyai Sticker Importir atau Sticker Tempat Produksi
Pada Sepatu palsu biasanya tidak memiliki sticker Importir atau Sticker tempat produksi pada boxnya.

Source photo www.wakawakasports.com
Sticker Import, bahwa sepatu Nike di buat di luar negeri dan di import oleh PT. Nike Indonesia
(Made in Vietnam/India/Itali/....).

Source photo www.wakawakasports.com
Sticker Tempat Produksi, bahwa produk Nike ini di buat di bagian perusahaan Nike dalam Negeri alias di buat oleh bagian Nike Indonesia (Made in Indonesia).


7. Perhatikan Box
Selain memperhatikan pada boxnya ada apa tidak sticker tempat produksi atau sticker importir dan kode UPC dan SKU. Perhatikan juga bahwa box sesuai dengan sepatunya. Maksudnya ?
Jadi kalo beli sepatu Nike Kevin Durant pastikan boxnya juga Kevin Durant dan bukan Air Jordan boxnya. Karena Nike memiliki beberapa Box resmi dan Box khusus untuk jenis sepatu tertentu.

Untuk Nike Casuals boxnya biasanya sedikit kemerahan dengan logo Nike yang lebih besar sedangkan untuk yang jenis Performances atau reguler biasanya boxnya oren dan logo Nikenya lebih kecil. Adapun juga untuk Nike Stefan Janoski biasanya boxnya berwarna tosca dan coklat.

Saran dan Tips Tambahan : 
Belilah Sepatu di Tempat yang Pasti Menjual Produk Original
Tak mesti anda membeli langsung di counter resmi cukup anda membeli di tempat yang terpercaya atau membeli ditempat yang memang bekerja sama dalam pemasaran produk barang tersebut. Alangkah lebih baik lagi jika anda mengenali ciri-ciri keaslian sepatu yang ingin anda beli dan memahami beberapa point-point diatas. Karena jika anda memahami kualitas sepatu original yang anda cari maka anda tidak mudah terperdaya oleh produk palsu yang mengatasnamakan original. Barang original tidak ada pemanis kata-kata seperti KW Super, Grade Ori, KW Thailand atau sebagainya karena yang Original ya Original namanya.

Selain itu salah kaprah juga jika kalian mengatasnamakan keaslian produk berdasarkan Made in nya Made in mana. Karena cek keaslian sepatu bisa menggunakan beberapa point diatas bukan berdasarkan Made in mana dan Made in mana. Karena Perusahaan sepatu seperti Nike memiliki manufaktur produk-produk yang tersebar di seluruh dunia dan setiap sepatu tidak dibuat di negara yang sama setiap periodenya. 

Pengalaman : saudara saya pernah membeli sepatu yang langka di prodirect dan made in nya adalah made in china. Prodirect sendiri adalah bursa sepatu terbesar di dunia. Pernah saya membaca Prodirect sendiri pusatnya adalah di Inggris dan di Inggris sendir sepatu KW di perangi.
Selain itu dia juga pernah membeli sepatu Nike diatas 2 juta dengan made in nya made in Italy. yang saya tau kebanyakan sepatu Nike yang made in Italy sendiri adalah sepatu sepak bola Nike seri atas yaitu sepatu yang banyak diselipkan teknologi-teknologi pada sepatunya, namun juga ada Nike yang made in Bosnia dsb.
Jadi, Made in mana itu tidak dapat jadi patokan dalam membeli produk original. Karena di Indonesia sendiri juga banyak pabrik-pabrik yang bekerja sama dengan Adidas Indonesia dan Nike Indonesia makanya juga Jersey Manchester United ,Everton, dan Timnas Inggris yang digunakan mereka ternyata Made In nya adalah Made In Indonesia. bahkan saya pribadi juga kaget waktu review sendiri di situs football kits news dan melihat jersey Nike Everton Made In Indonesia. CMIIW


Sumber tambahan pengetahuan :
www.wakawakasports.com
www.chexosnews.com/
www.prodirectsoccer.com/
www.sarangsepatu.com/
adhityaaap.blogspot.co.id
Share:

2 comments:

  1. Halo kak,

    kalo SKU number sama serial number sepatu udah sama antara yg di box dan di lidah sepatu apakah masih ada kemungkinan sepatu itu tidak ori?

    Kalo ada yg menilai sepatu yg serial number dan SKU number sudah sama antara di box dan lidah sepatu sebagai sepatu yg tidak ori, menurut kakak gimana?

    ReplyDelete