Saturday, 30 May 2015

Serunya Jalan-Jalan di Hutan Desa Halunuk Menuju Bukit Tatapan

Halunuk,Sebuah desa yang ada di Kabupaten HSS,Prov.Kal-sel.Desa yang berada di daerah pegunungan Loksado ini menyimpan beberapa keindahan di dalamnya,seperti beberapa air terjun dan pegunungan yang sangat indah jika kita menaikinya ke atas.

Ketika saya pergi kesini dengan beberapa teman saya untuk menuju gunung Tatapan, dalam perjalanan saya menemukan ada hutan lumut dan beberapa air terjun yang indah.ada sekitar 5 air terjun (maaf sebelumnya saya mengatakan di akun Instagram saya ada 4 air terjun).Meski tidak terlalu tinggi air terjun disini namun keindahan dan kesegarannya tidak kalah dengan beberapa air terjun tinggi yang ada di Kab.HSS seperti air terjun Rempah menjangan,Dll.

Saat memasuki hutan yang pertama saya temukan adalah hutan berlumut pada bebatuan dan batang pohon,banyak juga bebatuan besar.

Santai sebentar di sungai sambil selfi dulu

Setelah itu lanjut lagi dalam perjalanan yang hanya jalan kaki,setelah hampir tiga puluh menit kita akan kembali menyeberangi sungai berbatu yang kali ini agak lebar dan besar sungainya.Lanjut dan terus menaiki gunung lanjut lagi dan naik lagi kami berjalan hampir 15 menit kami menemukan 2 air terjun yang satu tidak tinggi tp airterjunnya miring sekitar 30 derajat. tapi jika disamping itu ada air terjun yang tingginya hanya sekitar 3meter saja.
 tidak terlalu tinggi sih,tapi air terjun yang miring ini lumayan panjang.
sedangkan air terjun yang kedua seperti ini

Lanjut lagi,kami menyeberangi air terjun yang miring ini dan naik lagi akhirnya kami temukan kembali air terjun yaitu air terjun yang ketiga.turun kebawah dan berfoto-foto ria disana.

Tampak teman saya sedang basah-basahan di air terjun ini. hahahaha,
kami semakin penasaran apakah ada air terjun lagi.lalu kami naik lagi dan lanjut naik gunung lagi,meski agak pegal tapi rasa letih kami terobati lagi ketika melihat air terjun yang lebih indah lagi.yaitu air terjun keempat.


sangat asik loh kesini,kami terus lanjut karna bagi kami finishnya adalah gunung Tatapan.
kami melanjutkan lagi dan naik lagi lalu melihat ada air terjun dan ternyata air terjun yang kelima ini adalah air terjun terakhir yang kami temukan.maaf ya gak ada fotonya hehehe.nanti kesini aja biar gak penasaran.ehh BTW didekat pohon bambu didekat air terjun ini ada tempat duduk,yah kami santai aja sejenak sambil ngobrol-ngobrol.

Lalu,kami melanjutkan perjalanan menuju gunung tatapan.lalu kami beberapa kali menyeberangi sungai dan akhirnya kami keluar dari gunung.Ternyata ada beberapa warga yang tinggal di tengah gunung ini . Meski tanpa listrik,mereka katanya sudah disini selama 2 tahun. ehh kembali ke perjalanan,kami menaiki gunung yang cukup licin karna medannya yang miring tapi agak gatel karna banyak ilalang.ketika sampai dipuncak akhirnya kami merasa lega tapi agak kepanasan karna cuma ada satu pohon dipuncak dan cuaca cukup terik karna wakktu menunjukkan pukul 12:30.






Setelah sampai puncak kami istirahat dan berfoto-foto sebentar lalu turun lagi dan kami pun pulang.
Saat pulang kami berterima kasih dengan warga di kaki gunung tatapan yang memberi kami air minum dan juga berterima kasih banyak kepada seorang warga di dipinggir sungai Desa Halunuk yang telah memberi kami Teh panas saat numpang berteduh.

Asiknya berpetualang di Bumi Ketupat.
Akhir Kata saya ucapkan terima kasih banyak kepada pihak yg terlibat dan juga kalian yang telah membaca artikel dari saya ini.
Selain itu terima kasih banyak juga kepada teman-teman saya Wahid Fadiellah,M.Riady Farma,M.Rizky Maulani.



Share:

0 komentar:

Post a Comment