Saturday, 25 April 2015

Lihatlah 5 Tempat di Kota Kandangan Saat Sebelum Dipugar

1.Pasar Kandangan Dulu

Source photo :  https://avivsyuhada.wordpress.com/2012/01/26/pasar-kandangan-bahari/
Pasar Kandangan atau yang biasanya disebut orang dengan pasar Los Batu, Merupakan sebuah pasar tradisional yang sudah sangat tua dan menjadi pusat perdagangan di kabupaten Hulu Sungai Selatan. Kehidupan di pasar ini tergolong Pasar anti tidur dimana setiap subuh sampai pagi ada pasar ikan dan sayur lalu siang sampai sore dilanjutkan sampai malam pertokoan tetap buka lalu tengah malam tetap banyak orang berjualan terutama warung-warung dan begitupun selanjutnya. Foto diatas merupakan foto pasar era tahun 2000an dan kini pasar ini telah direnovasi menjadi sebuah pasar tradisional modern.


2.Pusat Kota Tahun 2003 
Source photo : Nuansa Kandangn on Facebook
Pusat kota Kandangan era tahun 2003 (Photo by Nuansa Kandangan On Facebook), merupakan pusat kota kandangan pada tahun 2003 yang dimana kalian masih belum melihat tugu dodol hehehe, bisa kalian juga dengan sekarang dimana pada bagian trotoar sudah tinggi dan selokan tertutup. Kalau sekarang kalian bisa lihat dimana pedestrian yang ada di pusat kota lebih indah dengan banyaknya warna-warni bunga dan bangku-bangku yang tersusun di trotoar jalan selayaknya jalan Tunjungan dan jalan Asia-Afrika.

 3.Bundaran Hamalau Dulu

source photo : http://panggual.blogspot.com/2010/10/banyai-banua-hanyai.html
Kalau kalian yang mau bepergian ke Banjarmasin atau dari Banjarmasin pasti melewati tugu bundaran Hamalau seperti pada foto diatas, foto diatas merupakan tugu Hamalau pada era 90an hingga 2000an. Kalau sekarang sudah sangat berbeda dimana tugu yang sekarang lebih mengidentitaskan kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan adanya dua buah ketupat yang dimana Ketupat Kandangan sangat di kenal oleh masyarakat Kalimantan Selatan.

4.Bioskop Murni Dulu
 Source photo : nuansa kandangan on facebook

Source photo : http://sketsahss212.blogspot.com/2013/02/memori-hss.html

Siapa bilang bioskop tidak ada di Kandangan ? hahaha Kandangan juga pernah memiliki bioskop meskipun hanya sebuah bioskop kecil yang kini telah menjadi kenangan bagi orang-orang tua kita, yaitu bioskop Murni yang terletak di jalan Singakarsa.

5.Mesjid Qoba Amawang Dulu
Source photo : my Grandfather
Merupakan salah satu mesjid tertua yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, terletak di jalan Buchari, Desa Amawang Kanan, Kecamatan Kandangan. Mesjid ini merupakan mesjid yang didirikan oleh Datu Hamawang untuk penyebaran agama Islam di sekitar Kandangan, mesjid ini pembangunannya juga dibantu oleh Datu Ulin dan Datu Basuhud. 
Share:

2 comments:

  1. mioskop mirna, dulu tahun 70 an itu tempat yg ramai dikunjungi, apalagi jika yg diputer film roma irama, penontonnya antri panaaaaang sekali. Saya ingat sama Bahran, yg biasa jual tiket. Sayang sekali bioskop itu sekarang tinggal nama.

    ReplyDelete
  2. pasar kandangan itu dari dulu tempat yang ramai. Yang saya ingat sekali itu penjual makanannya itu loh, penjual lamang. Meskipun beberapa kali terbakar, pasar kandangan tetap eksis yha. Semoga tambah bersih dan modern.

    ReplyDelete