Saturday, 11 February 2012

DERBY TERPANAS DI EROPA

Eropa (UEFA) 

Austria

Rapid Wien vs Austria Wien 

Wien derby
Derby Wina adalah pertandingan antara rival sekotanya, Cepat dan Austria. Pertandingan yang tanggal kembali ke dasar-dasar kedua klub ': Cepat dibentuk sebagai klub kelas pekerja, sedangkan Austria tradisional diwakili elit pusat kota borjuis  Pada 4 Oktober 2010, 294 liga pertandingan telah dimainkan.. Cepat menang 122 kali, Austria menang 107 kali, sementara 65 pertandingan berakhir seri.  


 Azerbaijan 

Neftchi Baku vs Khazar Lankaran 
Böyük Oyun 
 

Belgia 

Cercle Brugge vs Club Brugge
Bruges derby 

Beerschot AC vs Kerajaan Antwerp FC 

KRC Genk vs Sint-Truiden VV 
 

Sporting Charleroi vs Standard de Liège

Bosnia dan Herzegovina 

Sarajevo vs Zeljeznicar 

Sarajevo derby
Derby Sarajevo adalah pertandingan antara kota besar saingan FK Zeljeznicar Sarajevo dan FK Sarajevo, dua klub terbesar dan terpopuler di Bosnia dan Herzegovina. Hal ini umumnya dianggap sebagai salah satu sedikit dengan suasana terbaik di wilayah ini. Fans biasanya membuat decore besar dengan banyak bendera besar, gulungan kertas, syal dan keras nyanyian. Derby ini juga mirip dengan derby Merseyside antara Everton dan Liverpool, melainkan tidak jarang melihat anggota keluarga yang sama yang ada di sisi yang berlawanan. Mereka tidak berbicara satu sama lain pada hari itu. Tapi ketika permainan berakhir, provokasi adalah sesuatu tradisi, taruhan aneh harus dipenuhi, dan semua orang sedang menunggu yang berikutnya. Meskipun, insiden antara penggemar yang lebih muda dapat dilihat dalam beberapa tahun terakhir.
Sejarah Sarajevo derby tanggal kembali ke 1954, tapi persaingan mulai delapan tahun sebelumnya. Pada tahun 1946 FK Sarajevo dibentuk oleh pemerintah setempat. Di sisi lain, FK Zeljeznicar Sarajevo adalah klub yang dibentuk pada tahun 1921 oleh sekelompok pekerja kereta api. Mereka memenangkan second-tier Bosnia gelar juara pada tahun 1946, sebagai bagian dari sistem pertama pasca perang liga Yugoslavia. Karena gagasannya adalah untuk menciptakan sebuah klub baru yang akan mewakili kota dan republik pada tingkat nasional, yang baru dibentuk FK Torpedo (seperti FK Sarajevo dipanggil pada saat itu) yang dibutuhkan pemain-pemain terbaik dari kota, sehingga beberapa pemain FK Zeljeznicar dipindahkan ke klub baru pada keputusan pihak berwenang. Para pemain menerima gaji yang baik dan pakaian baru. Sejak saat itu, persaingan hadir antara kedua klub. Awalnya, pendukung Sarajevo dianggap kelas atas individu-individu yang memiliki hubungan dengan pemerintah komunis yang berkuasa. Di sisi lain, pendukung FK Zeljeznicar biasanya kelas pekerja dengan gambar liberal. Mereka identifikasi itu benar di tahun 1950-an dan 1960-an, tetapi perbedaan-perbedaan itu kemudian terhapus. Kedua klub memiliki pendukung dari semua kelas dan (sangat penting untuk mengatakan ketika kita berbicara tentang Bosnia) dari semua kelompok etnis, bahkan jika basis penggemar FK Sarajevo didominasi Bosnia. FK Zeljeznicar masih memiliki citra klub liberal dan mereka populer bahkan di kalangan pendukung lainnya di kawasan itu. Karena mereka bermain di tingkat yang berbeda, pertandingan pertama antara FK Zeljeznicar dan FK Sarajevo adalah persahabatan. Pertandingan resmi pertama liga diadakan pada tahun 1954; FK Sarajevo menang 6-1. Itu masih merupakan kemenangan terbesar oleh setiap tim dalam pertandingan ini. Sejauh ini (tanggal 24 Oktober, 2010), 96 liga pertandingan yang dimainkan. Kedua klub memenangkan 29 kali, sementara 38 pertandingan berakhir dengan hasil imbang. Selisih gol adalah 117-114 mendukung FK Sarajevo. Sejak kemerdekaan, sebagai bagian dari Bosnia kejuaraan, 33 pertandingan yang dimainkan; Sarajevo menang 10 kali, Zeljeznicar memenangkan 8 kali, dengan 15 imbang, dan selisih gol 39-34 untuk FK Sarajevo.
Mungkin hal yang paling terkenal tentang derby Sarajevo adalah penggemar. Biasanya, mereka jauh lebih menarik untuk menonton dari permainan itu sendiri. Terutama dalam beberapa kali, karena kejuaraan Bosnia memiliki pada waktu kekurangan dalam kualitas. Fans menciptakan suasana mengesankan dengan nyaring bersorak dan koreografi asli. Kedua belah pihak mempersiapkan intens antara pertandingan, membuat bendera besar dan pesan khusus yang sesuai untuk itu kesempatan tertentu, yang akan biasanya diarahkan ke arah sisi lawan. Penggemar FK Zeljeznicar paling bergairah (mengenakan biru) yang bernama The Maniacs karena cinta mereka untuk klub itu di tepi kegilaan, begitu dikatakan. Mereka berada di sisi Selatan dari stadion (Selatan Kudus sebagaimana mereka menyebutnya). Para penggemar yang lebih tua yang dikenal sayang sebagai Košpicari (yang metaforis dapat diterjemahkan sebagai "benih pemakan", meskipun nama itu sendiri memiliki arti yang berbeda - yaitu bahwa dari "penjual benih"). Penggemar FK Sarajevo paling bergairah (merah) disebut Zla Horde (gerombolan Evil) setelah buku Zagor populer komik. Dalam laga kandang di Stadion Koševo, mereka berada di tribun Utara, sementara para fans yang lebih tua yang dikenal sebagai Pitari (mirip dengan etimologi Košpicari kecuali mengacu biji pie dan tidak) dan mereka terutama di sisi Timur. Ketika derby dimainkan di Grbavica, Horde zla berada di sisi Timur dan TL stadion, The Maniacs berada di sisi Selatan dan Barat, sementara Pitari dan Košpicari berada di Utara. Ketika game dimainkan di Koševo, The Maniacs berada di Selatan dan SW samping, Horde zla di Utara dan Timur. Pitari berada di Timur juga. Tribun barat dicampur dengan kedua Pitari dan Košpicari duduk di sana.[Sunting] Zrinjski vs VelezArtikel utama: Mostar derby
Derby Mostar adalah pertandingan sepakbola di Mostar, Bosnia dan Herzegovina antara HSK Zrinjski dan FK Velez. Derby Mostar adalah khusus karena ketegangan politik dan nasional. Mostar adalah dalam perang di masa lalu dekat, dan dalam Zrinjski perang (Barat Mostar, Kroasia bagian dari kota) dan Velez (Timur Mostar, Bosnia bagian dari kota) berada di sisi yang berbeda. Luka-luka perang masih segar yang mungkin menjadi alasan mengapa derby ini selalu disertai dengan kerusuhan dan kekerasan.


Bulgaria

 CSKA Sofia vs Levski Sofia

derby Abadi dari sepak bola Bulgaria
Pertandingan ini dikenal sebagai "derby Abadi" yang disebut di Bulgaria. Ada kebencian sengit antara fans dari klub dan sering ada perkelahian. Permusuhan ini mencapai puncaknya pada 19 Juni 1985 selama final Piala Bulgaria diadakan di Stadion Nasional Vasil Levski ketika setelah banyak keputusan wasit diperdebatkan kedua tim menunjukkan sportivitas yang buruk yang mengakibatkan perkelahian biasa antara mereka di lapangan. Pada tanggal 21 Juni Komite Pusat Partai Komunis Bulgaria mengeluarkan dekrit yang membubarkan kedua tim. Kemudian disebut CSKA Septemvriysko zname harus kembali didirikan sebagai Sredets dan kemudian disebut Levski-Spartak - sebagai Vitosha. Enam pemain (termasuk Hristo Stoichkov dan Borislav Mikhailov) dilarang untuk hidup dari bermain sepak bola kompetitif, pemain lain dan anggota staf - untuk periode 3 bulan sampai 1 tahun. Setahun kemudian keputusan itu dihapuskan dan pemain melanjutkan karir olahraga mereka. Pada kesempatan sampai 1500 polisi telah diperlukan untuk mencegah masalah dari terjadi. Hasil Levski terbaik adalah 7-1, 7-2 dan 5-0. Hasil CSKA terbaik adalah dua kemenangan dengan 5-0 dan satu dengan 6-2 dalam pertandingan persahabatan


Lokomotiv Plovdiv vs Botev Plovdiv
Ini, persaingan kedua terbesar di Bulgaria, lubang tim dari kota kedua terbesar di Bulgaria, Plovdiv, terhadap satu sama lain. Botev Plovdiv telah sukses lebih historis, tapi sekarang saingan mereka Lokomotiv dapat menertawakan bahwa rival mereka di liga yang lebih rendah. Namun persaingan ini masih panas dan dengan kenaikan Botev dalam bentuk, tidak akan ada kekurangan tekanan saat tim-tim berbaris di masa depan.


Kroasia

Dinamo Zagreb vs Hajduk Split
Eternal Derby (Kroasia)
 

Derby Abadi (Vječni Derbi) adalah antara klub Kroasia Dinamo Zagreb dan Hajduk Split. Kedua tim adalah diantara yang terkuat di negeri ini dan memiliki kelompok dukungan yang kuat, yang Boys Biru Buruk untuk Dinamo dan Torcida untuk Hajduk.

Hajduk adalah dari Dalmatia (Split) dan Dinamo adalah dari wilayah Zagreb.
Pada tahun 2004, pertandingan persahabatan antara tim itu ditinggalkan setelah fans melemparkan benda termasuk botol dan pisau ke lapangan. Situasi menjadi tak tertahankan setelah pemain Dinamo Edin Mujčin diusir dan ketegangan di tribun tumbuh. Polisi mengatakan bahwa sebelum pertandingan, 25 penggemar telah ditangkap.


Republik Ceko

Sparta Praha vs Slavia


Praha derby

AC Sparta Praha dan Slavia Praha, baik yang berbasis di Praha, Republik Ceko, pertama berhadapan pada 1896 pertandingan yang berakhir imbang 0-0. Pada September 2010, kedua tim sudah saling berhadapan sebanyak 274 kali. Sparta Praha memenangkan 125 dari mereka pertandingan, dengan 64 seri dan 86 kemenangan untuk Slavia.


Denmark

Brøndby vs Kopenhagen 
Kantor Baru (Denmark)
 
Inggris

Arsenal vs Tottenham Hotspur

derby London Utara
Arsenal dan Tottenham tetangga utara klub London, terletak kurang dari empat mil dari satu sama lain, maka persaingan sepakbola. Pertandingan yang tanggal kembali ke 1919, ketika Arsenal diberikan promosi depan Tottenham, meskipun Tottenham finishing di atas mereka  Arsenal telah memenangkan gelar Liga banyak lagi (13-2 Spurs),. Dan telah memenangkan sepuluh Piala FA sampai delapan Tottenham, banyak dari beberapa tahun terakhir. Namun, Spurs telah memenangkan piala Eropa lebih dan Piala Liga, Arsenal Shields Masyarakat lebih. Sebuah contoh dalam beberapa tahun terakhir yang menyoroti persaingan adalah langkah dari Sol Campbell dari Tottenham ke Arsenal. Pada saat itu Campbell dianggap salah satu bek terbaik di negeri ini dan permintaan dari tim seperti Barcelona dan Inter Milan. Keputusan Campbell untuk bergabung dengan Arsenal dekat saingan datang sebagai kejutan bagi penggemar.  Langkah ini bahkan mendorong ancaman kematian dari fans marah karena dia memilih Arsenal. William Gallas juga telah membuat switch, tetapi dari Arsenal ke Tottenham Hotspur pada awal musim 2010-2011


Aston Villa vs Birmingham City
 
Derby Second City ini bisa dibilang salah satu persaingan paling sengit di Inggris. Dengan klub terletak kurang dari 4 mil terpisah persaingan kipas jelas di dalam kota. Permainan terkenal paling baru di bulan Desember 2010 selama seperempat Piala Carling akhir antara kedua klub yang diselenggarakan di St Andrews (stadion Birmingham City) di mana dirayakan Birmingham menang 2-1 dengan menginvasi lapangan. Ini menghasut kekerasan dan suar melempar. Aston Villa penggemar merobek kursi untuk menggunakan sebagai rudal, melemparkan mereka ke arah para fans Kota Birmingham. 

Kedua Kota derby

Blackpool vs Preston North End 
West Lancashire derby

Blackburn Rovers vs Burnley 
East Lancashire derby


Cardiff City vs Swansea City
South Wales derby

Derby County vs Nottingham Forest
East Midlands derby

Everton vs Liverpool 
Merseyside derby


Liverpool FC terbentuk ketika Everton, tim asli di kota, pindah dari Anfield ke Goodison Park atas sengketa sewa. Pemilik sebelumnya Everton didirikan Liverpool sebagai tim sendiri untuk bermain di stadion Anfield kemudian kosong. Derby ini sering dikenal sebagai derby 'ramah', dengan keluarga di kota yang berisi pendukung klub masing-masing;  itu merupakan salah satu derby lokal beberapa mana segregasi kipas tidak ditegakkan. Liverpool semakin sukses satu klub, memenangkan gelar liga delapan belas dan lima Piala Eropa dan piala Eropa lainnya, sementara Everton telah memenangkan Piala Eropa tahun 1985 Piala Winners dan 9 gelar liga Hubungan ini menjadi agak kurang bersahabat dan lebih dipanaskan setelah tragedi Heysel yang mengakibatkan kematian 39 fans Juventus selama tahun 1985 Piala Eropa Akhir: karena ini, UEFA diberlakukan larangan lima tahun pada semua klub Inggris dari kompetisi Eropa (Liverpool pada awalnya dilarang selama tiga tahun lebih lanjut setelah klub Inggris lainnya akan diizinkan kembali, tetapi dalam acara itu hanya dilarang untuk satu tahun tambahan). Larangan semua klub Inggris Everton menolak kesempatan untuk bersaing di Piala Eropa musim berikutnya. Everton memenangkan kejuaraan Liga lagi pada tahun 1987, tetapi lagi-lagi ditolak masuk ke Piala Eropa musim berikutnya. Tim ini cepat bubar sebagai pemain terbaik pindah ke luar negeri untuk sepakbola Eropa, dan tim belum memenangkan gelar liga sejak itu.


Ipswich Town vs Norwich City
Timur Anglikan derby

Liverpool vs Manchester United

Liverpool FC dan Manchester United FC persaingan


Liverpool dan Manchester United adalah dua tim Inggris paling sukses, dan baik yang berbasis di barat laut Inggris. Pertandingan liga antara kedua dianggap oleh beberapa kritikus sebagai game terbesar musim ini.Liverpool kapten Steven Gerrard juga yakin hal ini benar.


Manchester City vs Manchester United 

Manchester derby
 
 
Derby Manchester telah menjadi lebih dan lebih keras diperebutkan sejak kenaikan Manchester City dari abu setelah pembelian mereka oleh Sheikh Mansour pada tahun 2008. Dalam 2010-11 lebih dari 10 juta pemirsa disetel untuk menonton Piala FA semi final antara kedua klub di Wembley, yang berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk City, yang akhirnya pergi untuk mengangkat piala. Perkiraan yang telah dibuat bahwa fixture ini adalah pertandingan domestik paling mahal untuk polisi dalam sejarah sepakbola, sebagai intensitas permainan belaka kini memproduksi telah menyebabkan peningkatan dalam bentrokan antara dua set penggemar dalam beberapa tahun terakhir.
Pertemuan terakhir antara kedua belah pihak adalah di babak ketiga Piala FA, di Stadion Etihad, United menang 3-2. Sebelum Cityzen yang telah menang dalam kemenangan 6-1 di Old Trafford. Pertemuan berikutnya, di Stadion Etihad di bulan April dapat memiliki efek descisive di Liga Premier karena kedua klub saat ini pelari depan untuk mengangkat piala.


Manchester United vs Leeds United
Leeds United A.F.C. and Manchester United FC rivalry

Millwall vs West Ham United
Millwall FC dan West Ham United FC persaingan

Newcastle United vs Sunderland
Tyne-Wear derby


Nottingham Forest vs Notts County
Nottingham derby

Portsmouth vs Southampton
South Coast derby

Port Vale vs Stoke City
keramik derby

Sheffield United vs Sheffield Wednesday

Baja Kota derby


Sheffield United telah memenangkan Baja-City Derby 45 kali appose untuk Rabu 41. Pertemuan terakhir antara kedua klub berakhir imbang 2-2 di Bramall Lane


Watford vs Luton Town 
Luton Town FC dan Watford FC persaingan

West Brom vs Aston Villa
West Midlands Derby

Wolves vs West Brom 
Hitam Negara derby

Estonia 

Flora Tallinn vs Levadia Tallinn

 
Derby Tallinn adalah rivality sepak bola antara dua klub besar Estonia FC Flora Tallinn dan FC Levadia Tallinn 


Perancis 

AS Monaco vs OGC Nice
Derby de la Côte d'Azu 

Olympique de Marseille vs Paris Saint-Germain
Le Classique


Olympique de Marseille vs Olympique Lyonnais 
Choc des Olympiques


Olympique Lyonnais vs Saint-Etienne 
Derby du Rhône

Georgia

Dinamo Tbilisi vs Torpedo Kutaisi
Clasico Georgia


Jerman
 
Bayern Muenchen vs Nuremberg 
Bavaria sepakbola derbies

 
Borussia Dortmund vs Schalke 04 
Revierderby

Hamburg vs Werder Bremen 
Nordderby
 
Yunani

AEK vs Olympiakos
Olympiakos dan AEK persaingan 

AEK vs PAOK 
Double berkepala elang derby 

AEK vs Panathinaikos 
 AEK dan Panathinaikos persaingan 

Aris vs PAOK 
Aris dan PAOK persaingan

Olympiakos vs PAOK
Olympiakos PAOK dan persaingan

PAOK vs Panathinaikos
Rivary antara PAOK dan Panathinaikos

Olympiakos vs Panathinaikos

Derby dari musuh abadi
Persaingan ini adalah antara Olympiakos dan Panathinaikos. Beberapa insiden kekerasan terjadi antara para fans, terutama sebelum atau setelah derby di banyak daerah di Athena


Hungaria

Ferencváros vs Újpest
Ferencváros TC dan FC Újpest persaingan
Persaingan antara Ferencváros dan Újpest dianggap sebagai salah satu pertandingan paling tegang di antara derbies Budapest. Pertandingan mereka tanggal kembali ke 1930-an ketika Újpest mulai memenangkan gelar pertama mereka.

 
Ferencváros vs MTK Budapest
Derby Budapest

Persaingan ini tanggal kembali ke 1900 ketika kedua klub memerintah Liga Hungaria. Ketegangan antara kedua klub ini didasarkan pada rasisme.


Ferencváros vs Honvéd
Derby Budapest

Persaingan antara Budapest Honvéd FC dan TC Ferencvárosi tanggal kembali ke 1950-an ketika Honvéd memenangkan lima gelar Liga Hungaria dengan Ferenc Puskás seperti playes dan József Bozsik. Saingan dihidupkan kembali pada tahun 1980 ketika Honvéd memerintah lagi championsships Hungaria dengan pemain seperti Lajos Détári. 


Irlandia
derbies di Liga Irlandia
 
Bohemians vs Shamrock Rovers 


 
Menyusul runtuhnya Drumcondra pada tahun 1960, Bohemian Football Club diadopsi profesionalisme. Sejak itu, persaingan telah dikembangkan antara Bohemia dan Shamrock Rovers Meskipun ada banyak contoh selama bertahun-tahun dari keadaan terkemuka dari fixture dan persaingan untuk para pendukung klub masing-masing, salah satu insiden yang lebih baru untuk dicatat adalah penandatanganan Tony Grant dan James Keddy oleh Bohs dari Rovers, yang menyebabkan kepala babi dilemparkan ke lapangan dalam pertandingan pertama mereka melawan klub lama mereka, gerakan yang bertujuan Hibah khususnya Pertandingan yang melibatkan kedua tim. kadang-kadang disertai dengan contoh hooliganisme. Insiden terbaru termasuk vandalisme monumen memperingati bekas rumah Shamrock Rovers, Glenmalure Park, dan dua contoh masalah di kerumunan Dalymount Park di 2000 dan Richmond Park pada tahun 2003,  dengan yang kedua yang dihasilkan dalam penggusuran Rovers dari tempat Inchicore Kehadiran di fixture tersebut umumnya mengikuti tren geser yang sama sebagai bagian dari perlengkapan Liga selama empat puluh tahun terakhir,  meskipun penonton telah meningkat sejak pindah Rovers 'untuk Tallaght 


Derry City vs Finn Harps

Utara-barat Derby (Irlandia) 

Drogheda United vs Dundalk
 
Derby Louth ini reguarded sebagai salah satu perlengkapan biggets di liga untuk kedua klub dari County Louth di utara-timur Irlandia. Dasi telah menjadi jauh lebih kuat disebabkan promosi Dundalks ke Divisi Utama pada tahun 2008. 



Galway Serikat vs Sligo Rovers
 
Derby Connacht secara tradisional derby Divisi Pertama tetapi dalam beberapa tahun terakhir keberhasilan kedua klub berarti sekarang menjadi pertemuan reguler Divisi Utama Inggris. Kedua tim secara teratur saling mengalahkan, sehingga catatan hampir tepat untuk keduanya, namun dalam musim terakhir Sligo telah keluar pada saat yang paling atas. Derby ini mungkin salah satu yang paling ramah di dunia, dengan kedua klub menjaga hubungan baik satu sama lain dan kekerasan di pertandingan tidak ada.


Shamrock Rovers vs Sligo Rovers
 
Persaingan ini adalah salah satu yang telah melampaui persaingan jarak yang biasa terkait dalam sepak bola Irlandia, dan telah berlangsung perjalanan kembali ke sampai 1978 FAI Final Piala ketika wasit John Carpenter mendapat hadiah penalti kontroversial untuk Shamrock Rovers agar mereka untuk menang ke-21 mereka FAI Cup. Persaingan ini telah memicu dalam beberapa tahun terakhir, tidak diragukan lagi karena FAI Cup 2010 Final yang melihat Sligo Rovers mengalahkan Hoops dalam adu penalti, dan kebangkitan kedua belah pihak dalam musim Liga 2011 Airtricity.
Share: